Dokumentasi Migrasi Antar CPanel pada Website WordPress

Kali ini saya akan memberikan panduan bagaimana cara migrasi atau memindahkan web dari hosting cpanel lama ke hosting cpanel baru. Tentu saja tutorial atau panduan ini diperuntukan untuk pemula yang belum pernah dan belum tahu bagaimana cara migrasi website.

Contoh kasus disini saya menggunakan website wordpress.

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah login ke cpanel lama, berikut stepnya yang harus anda lakukan pada cpanel lama:
1. Login ke cpanel lama
2. Pilih menu File Manager
3. Cari lokasi folder mana dan web apa yang akan anda pindah ke cpanel baru
Untuk memastikan dimana lokasi folder domain yang akan anda pindah, anda bisa melihatnya di menu Addons Domains, seperti contoh berikut:

addon domains

4. Setelah anda menemukan lokasi forder domain anda, maka langkah selanjutnya adalah kembali ke File Manager dan mengkompres folder tersebut seperti contoh screenshot berikut:

compress

5. Selanjutnya adalah mendownload file yang anda compress tadi ke komputer dan download dengan menggunakan menu “download” di file manager
6. Sekarang bagaimana cara ambil databasenya, berikut adalah caranya:
a. Cek dulu apa nama database website anda dengan membuka file wp-config.php dan cari baris kode DB_NAME dan catat apa nama databasenya.
b. Selanjutnya kembali ke menu cpanel dan pilih menu Backup
Pada bagian “Download a MySQL Database Backup” pilih dan download nama database website anda dan simpan di komputer anda.
7. Sampai tahap ini berati anda sudah menyelesaikan proses pengambilan data web dan database dari cpanel lama dan didownload ke komputer. Tahap selanjutnya adalah upload ke cpanel baru


Tahap kedua adalah upload data web dan database ke cpanel baru
1. Login ke cpanel baru
2. Buat database dulu menggunakan menu Mysql Database Wizard dan isikan nama database, user database dan password database dan tentukan previlagenya serta jangan lupa mencatatnya
3. Import database yang sudah anda download tadi menggunakan menu phpmyadmin cpanel

phpmyadmin

Jangan lupa klik “Go” agar database anda terimport. Sampai disini proses import database sudah selasi, selanjutnya adalah proses add domain dan upload data web.
4. Add domain dulu di cpanel baru
5. Buka menu File Manager dan pilih folder domain anda
6. Upload file web yang anda download tadi menggunakan menu “Upload” di File Manager dan Extract menggunakan menu “extract”
7. Masukan data web yang sudah anda extract ke folder domain sesuai dengan domain anda
8. Buka wp-config.php dan cari baris DB_NAME, DB_USER dan DB_PASSWORD dan ubah sesuai dengan database yang baru anda buat tadi.
9. Sampai tahap ini proses migrasinya telah selesai

Catatan:
– Diatas adalah satu contoh cara migrasi website dari cpanel lama ke cpanel baru dan contoh diatas bukan satu-satunya jalan cara migrasi website, artinya masih banyak cara untuk melakukan migrasi website dari cpanel lama ke cpanel baru.
– Jika anda menemui error atau kebingungan dalam proses migrasi, jangan ragu untuk menghubungi kami Netid.co.id

Demikian dokumentasi cara migrasi website wordpress dari cpanel lama ke cpanel baru, semoga dapat memberikan pencerahan. Terimakasih,

Regard,

Beni Muridan
Netid Support

Artikel ini dapat anda download pdf: Download

About the Author

Leave a Reply

Netid.co.id | IT Solution and Web Hosting Provider | Term Of Service | Facebook Page Support | Careers | Program Kerjasama