Tutorial Cara Mengarahkan DNS Cloudflare ke IP Server Netid

Mungkin anda belum tahu mengenai bagaimana menghubungkan domain ke Cloudflare, pada tutorial ini akan dibahas mengenai bagaimana menghubungkan domain ke cloudflare. Namun sebelumnya saya akan memberikan gambaran mengenai cloudflare ini.

Saat ini penggunaan DNS cloudflare (Gratis) sangatlah penting, di cloudflare banyak sekali fitur-fitur istimewa yang berguna untuk website kita seperti cache, SSL gratis dari cloudflare, perlindungan dari serangan ddos, CDN dan lain-lain. Banyak sekali fitur-fitur gratis yang di dapat dari cloudflare versi gratisan, dan menurut saya saat ini sangat sayang jika suatu website tidak menggunakan cloudflare sebagai jembatan antara domain dengan server.

Dibawah ini adalah tutorial bagaimana cara menghubungkan domain ke cloudflare sampai terhubung ke server netid:

– Login ke akun Cloudflare anda (Login), jika belum memiliki akun di cloudflare silahkan mendaftar terlebih dahulu, melalui menu sign up.
– Klik “Add Site” dan masukan domain anda, selanjutnya klik “Begining Scan”, lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya

cloidflare 1
– Jika proses scaning domain sudah selesai maka silahkan klik “Continue Setup” seperti gambar dibawah ini

cloudflare 2
– Tahap selanjutnya adalah mengisikan DNS Record agar domain mengarah ke IP server Netid, silahkan tambahkan record DNS seperti dibawah ini. Jika sebelumnya sudah ada record A record dengan ip server lain, maka anda tidak perlu add DNS record baru lagi, cukup edit IP nya ke IP server Netid.

Note: Jangan lupa klik logo awan di kolom “Status” agar berwana orange seperti contoh berikut

Netid Cloudflare

Netid Cloudflare

– Jika sudah add DNS Record maka silahkan klik “Continue”
– Tahap selanjutnya adalah “Select a Cloudflare Plan”, silahkan pilih Free Website jika anda menginginkan DNS Free. Terus klik “Continue”

cloudflare 4
– Selanjutnya adalah “Change Your Nameserver”, maksudnya adalah anda harus mengganti nameserver domain anda sebelumnya ke nameserver yang diberikan cloudflare (nameserver biasanya berbeda-beda tiap akunnya), lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.

cloudflare 5
– Ganti nameserver domain anda ke nameserver yang diberikan oleh cloudflare. Berikut adalah contoh mengganti nameserver domain dari Namecheap, perhatikan gambar:
seting nameserver namecheap
Note: Anda juga bisa terapkan ke control panel domain dari provider lain, pada dasarnya sama seperti di Namecheap hanya beda tampilan.

– Setelah anda melakukan penggantian nameserver, pada “Change Your Nameserver” klik “Continue”
– Anda akan di bawa ke halaman “Overview”, disini anda dapat melihat status domain anda, apakah sudah mengarah ke IP server Netid atau belum. Jika sudah aktif maka Status : Aktif

cloudflare 6
Note: Diperlukan waktu 48 jam agar DNS Cloudflare mengarah ke IP serve Netid, tetapi biasanya 30 menit DNS Cloudflare sudah bisa digunakan.

About the Author

Leave a Reply

Netid.co.id | IT Solution and Web Hosting Provider | Term Of Service | Facebook Page Support | Careers | Program Kerjasama